Menag Minta Doa Semua Agama Dibacakan di Acara Kemenag!

Dipublikasikan tanggal 5 Apr 2021
Ditonton 63 723
0

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas meminta doa semua agama dibacakan dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Yaqut ingin agar semua agama yang diakui di Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk memberikan doa.
#Kemenag #DoaSemuaAgama
20.detik.com/detikflash/20210405-210405060/menag-minta-doa-semua-agama-dibacakan-di-acara-kemenag
Ayo tonton dan share detik ini juga!

click our website :
- detikcom: www.detik.com
- 20detik: 20.detik.com

Follow official account detikcom di:

- Twitter: detikcom
- Instagram detikcom: detikcom
- Instagram 20detik: 20detik
- Facebook detikcom: detikcom
- Facebook 20detik: 20detik

detikcom
Komentar  
  • Enak Iki

    Enak Iki

    Hari Yang lalu

    Sekalian buat kementrian agama masing masing.
    Ada 6 agama bikin 6 kementrian, gitu saja kok repot.

  • Franky Chen

    Franky Chen

    Hari Yang lalu

    Love Banget 💕

  • Podungmy

    Podungmy

    Hari Yang lalu

    Dear para Netizen yang budiman, mohon disimak dan dipahami video ini baik-baik.
    Izin menjelaskan, bahwa kita semua setuju kalau ada pernyataan "Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa dimulai...(kemudian berdoa di dalam hati dan hening sejenak)...
    Namun konteks pak Menag adalah, ketika ada pembacaan doa hanya dipimpin perwakilan 1 agama (mayoritas) dan agam lain dalam hati masing2. Beliau berkerinduan bagaimana kalau di lingkup Kemenag, pembacaan doa dipimpin perwakilan semua agama? jadi adil...
    Alangkah indahnya jika itu terwujud 😊
    Ayolah jangan berpikiran sempit kawan, karena negara kita ini sungguh luas dan besar sekali. #DamailahIndonesiaku

  • Podungmy

    Podungmy

    Hari Yang lalu

    Terima kasih pak Menteri, menyuarakan isi hati banyak masyarakat Indonesia, termasuk saya... Kesempatan semua agama untuk menyampaikan doanya, dalam acara resmi lembaga negara. Semoga bisa direalisasikan lebih luas lagi 😊 #DamaiIndonesiaku

  • Shantiroo Delegend

    Shantiroo Delegend

    2 hari yang lalu

    Dua periode.. Dua menag.. Bikin gaduh dan rusuh..
    Inilah negaraku..

  • Nana Solihin

    Nana Solihin

    3 hari yang lalu

    Dangkal....dangkal.....dangkal...itu inti nya...

  • Philipus Mangkuboto

    Philipus Mangkuboto

    4 hari yang lalu

    Gus..gus 😀😂😂🤓

  • bambang sarjono

    bambang sarjono

    5 hari yang lalu

    Koplak

  • Dudy Satria

    Dudy Satria

    5 hari yang lalu

    Kemenag kan kantor nya tempat sah nya 5 agama di negeri ini..jadi wajar lah mencontohkan yang baik dalam doa doa yang ada di masing-masing agama agar dipanuti oleh umum dan instansi lainnya.. tinggal disimak saja pasti doa nya baik baik mulus mulia isinya alias tidak menghasut extrim alias tidak mengkafirkan orang lain yang berbeda agama.

  • Dendi Nugraha

    Dendi Nugraha

    6 hari yang lalu

    Ko jadi rame gini, dari dulu gue sekolah sampe kerja kalo acara bersifat umum, kalo doa ya sesuai agama masing2. Lebih simple..

  • Alita Wb

    Alita Wb

    6 hari yang lalu

    Sekali sekali pak berdoa anti korupsi ya pak 🙏🙏🙏

  • Indra Al Fatih

    Indra Al Fatih

    6 hari yang lalu

    Hal sepele dibikin ribet ya di rezim ini, dr dlu gk da apa2 dlam beragama.
    Sabda nabi bnar, pemimpin2 bodoh berkuasa di akhir zaman !!!
    Sekalian larang tu jilbab biar semua agama sama. Insya Allah matinya sperti kemal Ataturk di turkiye sana 👍

    • It's Me

      It's Me

      Hari Yang lalu

      Turki sekarang bukan turki yg dulu,tuki sekarang negara demokrasi islam dibawah erdogan

  • Rudy Susemen

    Rudy Susemen

    6 hari yang lalu

    Luar biasa ..karena agama harusnya menjadi pemersatu..tapi kenyataan agama malah menjadi pemecah belah.... Kalau bicara agama kedepankan kebaikan .

  • Seminar Jaksel

    Seminar Jaksel

    6 hari yang lalu

    MENTERI BERPANCASILA ! HARUS DIDUKUNG OLEH MASYARAKAT INDONESIA

  • Nazri Elrahman

    Nazri Elrahman

    6 hari yang lalu

    Aouto liberal

  • Asima Rohana Sinaga

    Asima Rohana Sinaga

    6 hari yang lalu

    Mantapp pak menteri..❤️👍👍

  • Sambudi Adi

    Sambudi Adi

    6 hari yang lalu

    Menag bahasnya UD ketinggalan yg bodoh aj UD tau coyyy

  • Miza Mahir

    Miza Mahir

    6 hari yang lalu

    Mentri sensasi

  • Abbas. S

    Abbas. S

    6 hari yang lalu

    Pak. Adil itu juga sesuai porsi nya. Jgn membuat perdebatan baru, sama rata itu gk adil juga, contoh : jumlah wakil rakyat juga disesuaikan dgn jlh penduduk masing2 dapil. Kebijakannya bapak ini pokoknya asal populer 😂🤔

  • reza irawan

    reza irawan

    6 hari yang lalu

    WAH BAKAL ADA BERITA LAGI REZIM PEMERINTAH ZOLIM, DOA BERSAMA , KAN MENTERI AGAMANYA TERMASUK BAGIAN DARI PEMERINTAH ZOLIM LOH

  • reza irawan

    reza irawan

    6 hari yang lalu

    WAHHHH BAKAL ADA DEMO BESAR BESARAN LAGI DEH MENENTANG DOA BERSAMA

  • Syamsul Khoir

    Syamsul Khoir

    6 hari yang lalu

    Terobosan anda terlalu me,ngada''!!toh mereka yg dikemenag,nda masalah!!

  • Suhartatik sst

    Suhartatik sst

    6 hari yang lalu

    Kaet mbiyen do a gk da masalah

  • Jo Ko

    Jo Ko

    7 hari yang lalu

    Saya islam, baru kali ini menteri agama RI yg berfikir luas dan berwawasan .. mantap pak menteri

  • The Nameless One

    The Nameless One

    7 hari yang lalu

    Dari dulu kek Menteri Agama kek gini mantul , jangan ngurusin ibadah haji aja

  • AHN Studio

    AHN Studio

    7 hari yang lalu

    Mikir

  • Arie AC

    Arie AC

    7 hari yang lalu

    lebih baik tidak usah pake doa ² sekalian dari pada ribut mulu 😁😁😁😃😃😃

  • fren star

    fren star

    7 hari yang lalu

    Stuju pak Mentri👍

  • semi kembang jati

    semi kembang jati

    7 hari yang lalu

    Gus dur jaman Now : gitu aja kok ribut bro.

  • mike emier

    mike emier

    8 hari yang lalu

    Ya kan, dari dulu Menag itu urus semua agama, doa sendiri2. Kok sekarang cari-cari masalah???

  • Saito Asuka

    Saito Asuka

    8 hari yang lalu

    Kalo yg gk senang jls nyinyir.

  • YUDY LIE

    YUDY LIE

    8 hari yang lalu

    Lama coy. Bisa 1 jam baru selesai doa untuk semua agama

  • Putra 067

    Putra 067

    8 hari yang lalu

    Tanda otak betul
    Jika bicara tidak emosian
    👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻
    ❤️❤️❤️❤️

  • Immanuel Rahep

    Immanuel Rahep

    8 hari yang lalu

    Sehat selalu pak menteri..

  • Opi Gunawan

    Opi Gunawan

    8 hari yang lalu

    Iki jenenge Mentri agama bnr2 jos tenan

  • Franki Sitorus

    Franki Sitorus

    8 hari yang lalu

    Salam sehat Pak Menteri. God bless

  • nur badi

    nur badi

    8 hari yang lalu

    Begini saja Pak menteri 'berdoa mulai' selesai

  • Supardi Leksono

    Supardi Leksono

    8 hari yang lalu

    Trima kasih Pak Menteri Agama. Semoga bapak menjadi berkat bangsa.

  • denny hidayat

    denny hidayat

    8 hari yang lalu

    Tidak sekalian setiap agama mengirim kan satu orang untuk menjadi menteri agama, agar terwakili.

  • Wangsa Atmaja

    Wangsa Atmaja

    8 hari yang lalu

    dari dulu juga yg namanya departemen agama tugasnya melayani ummat beragama dari seluruh lapisan masyarakat indonesia.tapi masalah doa jgn kau campuradukan semua agama.biarlah mereka berdoa menurut agama dan cara mereka masing masing dan pada tempatnya yg tersendiri .kau sebagai menteri jgn sok pintar .Ayomi saja agar kita ummat beragama saling harga dan menghargai satu lain.itu aja si kit.

  • MZR

    MZR

    8 hari yang lalu

    Ini sama dengan Yaqut mempermainkan agamanya,dia (Yaqut) sudah keluar atau murtad dari Islam tanpa dia menyadarinya, karena dia berdoa bukan hanya kepada Allah Semata,melainkan berdoa berdasarkan semua Agama.
    Sedangkan Islam hanya berdoa kepada Allah SWT semata,Bukan kepada Tuhan lain.
    Toleransi boleh,tapi jangan sampai membawa Aqidah dan kepercayaan.

  • Abdurahman Yusuf

    Abdurahman Yusuf

    8 hari yang lalu

    Apakah islam memaksakan org utk memeluk agama islam?
    Apakah islam melarang agama lain berdoa sesuai kepercayaanya?
    Jabatan yg anda terima itu sangat berat,suatu saat akan ditanyakan.
    Jika anda mengamalkan ajaran islam dgn kaffah maka semua rakyat (islam,nasrani dll) akan damai. Sejuk keadaan negri
    Kita lihat saja kerja anda,apakah semakin sejuk atau malah sering bikin kontroversi krn mgkn bkn ahlinya.

  • Bara Bako

    Bara Bako

    8 hari yang lalu

    Dalilnya cuman enak nyaman doang

  • Priyo Wicaksono85

    Priyo Wicaksono85

    8 hari yang lalu

    Dari dulu Anak sd juga sudah melakukan berdoa menurut agama masing2 knp msh di persoalkan.... Hhhh

    • Podungmy

      Podungmy

      Hari Yang lalu

      Halo kak. Bantu komen, berbeda dong kalau berdoa menuruy agama masing2 dengan berdoa yang dipimpin berdasarkan 1 agama saja. Di sini pak Menag ingin, agar 6 agama dikasih kesempatan membacakan doanya, bukan hanya 1 dan yg lain menyesuaikan. Tonton dan pahami video nya baik baik yah. Karena hanya dengan akal sehat negara kita akan selamat 😊

  • belum tidur

    belum tidur

    8 hari yang lalu

    Kelamaan, kepanjangan... Mending berdoa menurut agama masing" seperti biasanya

  • Tomi

    Tomi

    8 hari yang lalu

    Ga ada yg beres, sama aja ama yg kmrn, ga lama juga ini pasti diganti wkkw

  • Fahry Albantany

    Fahry Albantany

    8 hari yang lalu

    agamaku ya agama ku..
    agamamu ya agama mu..
    semuanya jelas masing masing kepercayaan n cara doanya masing masing...
    ko doa disatuin udah kaya 4 agama jadi satu agama...dimana logikanya

  • Sy Kenoko

    Sy Kenoko

    8 hari yang lalu

    Lahhh... Semakin banyak yg berdoa dr semua agama semakin qabul...🤣 iki yoopo.se gus...

  • FAREL

    FAREL

    8 hari yang lalu

    Mbuh karepmu...wes kat jaman ndisik....berdo'a menurut agama masing"

  • Mario Poluan

    Mario Poluan

    8 hari yang lalu

    RESPECT!!! 👏👏👏👏

  • andrea atmadja

    andrea atmadja

    8 hari yang lalu

    Kelak diakhirat, perbuatan dan ucapan, kebijakan yang diambil akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat. "Probabilita dikabulkan lebih besar"? Demi jabatan, demi kata toleransi, ingatlah firman Allah Subhanahuwataala : Sesungguhnya agama yang diridoi disisi Allah hanyalah Islam. Jabatan hanya sesaat, perhitungan Allah Maha Cepat, murka dan siksaan Allah sungguh dahsyat.

  • kuproy TV

    kuproy TV

    8 hari yang lalu

    Gus kemterian segala agama campuradukan doa

  • gaya 28

    gaya 28

    8 hari yang lalu

    Omong kosong . Mundur aja . Gak pantas .

  • Putra 067

    Putra 067

    8 hari yang lalu

    Aku hanya menyembah Allah
    aku tidak menyembah manusia
    aku hanya menyembah Allah
    aku yakin islam agama yg bener lurus baik
    Allah yg menciptakan bumi ini
    Allah menciptakan
    nabi isa
    Allah menciptakan
    nabi muhammad
    ya Allah selamatknlh manusia manusia yg baik manusia manusia yg benar
    manusia manusia yg akal nya bersih
    manusia manusia yg hatinya bersih
    Selamatknlh ya Allah agar terhindar dari marabahaya
    Agar terhindar dari
    penyakit
    Hanya Allah yg saya sembah hanya Allah yg saya meminta pertolongan
    saya berusaha ya Allah dgn sbaik baiknya
    kerja makan minum yg halal
    hidup di dunia hanya sementara
    semua kelakuan perbuatan slama hidup didunia ini kelak akan diminta
    pertanggugjawap
    di akhirat
    ya Allah kutdk mau syirik karena syirik adalah dosa besar dosa yg tdk ada ampun jika mati tdk sempat tobat
    Ya Allah aku hanya
    menyembah Allah
    aku yakin kpd Allah
    aku tidak menuhankan harta
    aku hanya menyembah Allah
    aku yakin agama islam yg baik benar lurus
    Ya Allah tolonglah selamatkanlah manusia manusia yg berhati baik bersih
    Hanya Allah maha esa
    Hanya Allah maha kuasa
    Hanya Allah maha mengetahui
    Allah menyukai orang yg baik yg akal baik yg hati baik
    Akidah yg benar baik
    Allah maha mengetahui siapa yg akal baik hati baik
    Allah menciptakan
    surga
    Allah menviptakan
    neraka
    Allah menciptakan
    Alam semesta
    ya Allah ku tdk mau hati ku busuk ku tdk mau akal ku
    busuk tapi ku berusaha agar hidup baik
    Demi Allah ya Allah ku tidak mau riya kutdk mau pamer kutdk mau menyombongkn diri
    Ya Allah hanya pada Allah ku menyembah
    aku yakin hanya kepada Allah ku hanya menyembah Allah
    selamatknlh insan insan yg lurus yg hidup di kebaikan yg lurus yg tdjk mau berbuat dosa dosa
    Allah menyukai manusia yg jujur yg baik hati
    Allah yg memberi hidayah kpd manusia
    semoga mendapat
    hidayah

  • Dar Win

    Dar Win

    9 hari yang lalu

    Berdoa aja kau sendiri..

  • otis aseantoro

    otis aseantoro

    9 hari yang lalu

    bgnilah salah pilih mentri agama..... kgk punya ilmu yg memadai di pilih... ini contoh islam liberal .... merusak aqdah islam dr dalam... nauzubillah

  • Karis khan

    Karis khan

    9 hari yang lalu

    Bgitu aja bnyak yg auto nyinyir....haduuuh

  • Daus Isab

    Daus Isab

    9 hari yang lalu

    Kok islam terus yang di singgung, kenapa gak bilang bukan hanya kementrian agama kristen gitu

  • Muhamad Sidik Wiguna

    Muhamad Sidik Wiguna

    9 hari yang lalu

    Lah bodo, kan saya bukan NU

  • mancing Alam Lokal

    mancing Alam Lokal

    9 hari yang lalu

    Mantap pak menag,,

  • Indri Yatien

    Indri Yatien

    9 hari yang lalu

    Angel ws angell..

  • Handaru Eye

    Handaru Eye

    9 hari yang lalu

    Bener, belajar dr Papua. Sekolah Negeri yg Nasionalis : kalau berdoa tiap Upacara Gantian tiap minggunya, Islam, Kristen dan lain². Belajar hidup di Propinsi yg mayoritas Agama lain biar kalian belajar Menghormati dan mengasihi, pst akan lebih nyaman wlu dlm kekurangan fasilitas.

  • Acu Ranty

    Acu Ranty

    9 hari yang lalu

    Kami agama Islam tetap Islam bukan munafik

  • Joko Santoso

    Joko Santoso

    9 hari yang lalu

    Semoga sukses pak..

  • Bedah Sampah

    Bedah Sampah

    9 hari yang lalu

    Tidak ada salahnya juga mencari yang terbaik diantara yang baik.. selama tidak ada yang dirugikan ...

  • Tedi Kurniawan

    Tedi Kurniawan

    9 hari yang lalu

    لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ 
    “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku“ (QS.Al-Kafirun : 6).
    Yang saya tau definisi toleransi beragama dalam islam salah satunya adalah ayat ini.

  • aray az

    aray az

    9 hari yang lalu

    😢😢😢

  • Muhson Muhson

    Muhson Muhson

    9 hari yang lalu

    Keblinger

  • Taufik annajah

    Taufik annajah

    9 hari yang lalu

    Setuju Qut Yaqut, semua diminta baca kitabnya masing. Kalau ada 5 agama, semuanya bergantian baca kitab.
    Koplak

  • Ihsan amsal

    Ihsan amsal

    9 hari yang lalu

    Indonesians seems like to competing in ignorance

  • Suyitno 111

    Suyitno 111

    9 hari yang lalu

    Harus gitu pak menteri

  • Siti Utami

    Siti Utami

    9 hari yang lalu

    Bu kiran

  • Edisi

    Edisi

    9 hari yang lalu

    menurut saya ide menteri ini bagussss. cuma orang orang banyak yang belum open minded asal ngehujat doang. gengsi mungkin menteri agama bacain doa agama lain. musrik wkk

  • MuhammadviQhi Ramadhan

    MuhammadviQhi Ramadhan

    9 hari yang lalu

    Berdo'a menurut agama dan keyakinan masing",berdo'a mulai,,,,,

  • Ahmad Rifki

    Ahmad Rifki

    9 hari yang lalu

    Besok menteri agama sekali" dari agama lain skalian dong, biar lebih mantap bahwa kemenag milik semua agama👍😀

  • Zulfa zahra Zahra

    Zulfa zahra Zahra

    9 hari yang lalu

    Mentri gk bermutu,lbh cicok jadi angota bpip

  • Is Kandar

    Is Kandar

    9 hari yang lalu

    Jadi menteri agama bukan berarti yg paling ahli agama lo, ga masalah jika pendapatnya akan membacakan semua doa akan tetapi yg memimpin doa dan membacakan doanya yg menterinya karena yg paling bertanggungjawab atas kebijakannya, monggo pak🤡

  • Edisi

    Edisi

    9 hari yang lalu

    tumben ada menteri agama yang punya pikiran seperti ini. saya salut dan sangat mendukung. menteri agama adalah menteri semua agama yang diakui di indonesia bukan hanya satu agama. ingat, hal ini memberikan contoh dan akan berdampak positif bagi kehidupan beragama, toleransi semakin kuat, hubungan smakin kuat, persatuan smakin kuat. terorisme menangis melihat ini.
    bagi yang menolak, cobalah kalian open minded. ini cuma di acara kementerian agama yang jika dihadiri oleh umat dari beragam agama. open minded jangan terlalu fanatik

  • Deaz Wijayakusumah

    Deaz Wijayakusumah

    9 hari yang lalu

    Namanya juga Negara Hukum bukan negara agama tertentu, saya Muslim saya setuju kalau setiap pembukaan acara perlu berdoa secara masing masing bukan satu agama saja.

  • the river sounds

    the river sounds

    9 hari yang lalu

    Re jelas

  • novry ngahu wie

    novry ngahu wie

    9 hari yang lalu

    GKI Yasmin gimana kabarnya ya?...ayo dong.

  • laura official

    laura official

    9 hari yang lalu

    Masing masing aja pak

  • Masakan Rumah

    Masakan Rumah

    9 hari yang lalu

    PANJANG BANGET DONG KALO SEMUA DI BACAIN...RIBET BANGET DEH....

    • Edisi

      Edisi

      9 hari yang lalu

      tapi dampak positif nya bakal ada

  • Endang Tarsa

    Endang Tarsa

    9 hari yang lalu

    Ini namaanya pemaksaan kehendak dari sekumpulan orang biarlah yg sudah berjalan dengan baik selama ini biarkan berjalan natural saja jangan sampai terkesan ibaratnya sudah dikasih hati lantas minta jantung ya ...mati lah orang semoga direnungkan baik.baik
    pil obat itu memang pahit..

  • Roma Dhoni

    Roma Dhoni

    9 hari yang lalu

    yg dislike merasa dirinya suda pegang tiket ke surga, LOL

  • Lilis Suryani

    Lilis Suryani

    9 hari yang lalu

    Inna lillahi wainna ilaihi roojiuun

  • حسن عبد الله

    حسن عبد الله

    9 hari yang lalu

    أسلم تسلم

  • Surabaya Rungkut

    Surabaya Rungkut

    9 hari yang lalu

    Edan....kementrian dajjal

  • Bapak Dwi

    Bapak Dwi

    9 hari yang lalu

    Pakai doa sendiri 2 WAE pak dari pada polemik .

  • Barron Romarema

    Barron Romarema

    9 hari yang lalu

    Menteri semua agama, benar .
    Melayani semua agama, benar .
    Tapi catat, harus adil !!
    Yang besar kasih jatah besar, yang kecil jangan dilupakan !!
    Sesuai porsinya .
    Kalo berdo'a, mengheningkan cipta aja, BERES .
    Gak mungkin juga ada orang yang ingin dengar do'a agama lain, kecuali munafik .

    • Barron Romarema

      Barron Romarema

      9 hari yang lalu

      Oh ya lupa . Hadiri sidang, ya Gus !! Kasih keterangan saksi aja kok ngumpet .

  • Bangku Belajar

    Bangku Belajar

    9 hari yang lalu

    ISLAM ITU rahmatalil a'lamin, inilah contohnya ... memberi kesempatan bagi semuanya

  • Tai Tai

    Tai Tai

    9 hari yang lalu

    Mantap lanjutkan sy suka itu

  • M C

    M C

    9 hari yang lalu

    Dalam pikiran nya, hanya ada disaat jd menag...ada perubahan.
    48 thn lalu..sdh diajarkan berdoa menurut agamanya masing".
    mulai dr sklh dasar smp instansi pemerintah/swasta 😂tdk ada yg baru ?

  • Djoko Wahono

    Djoko Wahono

    9 hari yang lalu

    Sesuai PANCASILA SILA 1 Maka Cara Berdoa nya adalah : Ya Tuhan Yang Maha Esa dan seterusnya. Gunakan selamat pagi . Siang Sore Malam. Lalu Bubar. Biarkan Kami Berdoa dengan Cara Kami Di dalam Hati Kami. Ingat Persatuan Lebih Penting. Dan Jangan Coba2 Mengadu Domba Antar Pemeluk Keyakinan. Dan Jangan Berbuat Kerusakan Di Bumi Indonesia

  • Aristoteles

    Aristoteles

    9 hari yang lalu

    Kalau begitu bagusnya simpel saja, tidak usah berdoa ada yg mimpin, cukup saja pembawa acara minta hadirin betdoa menurut agamanya masing2. Toh amal ibadah, dosa nanti juga ditanggung pribadi masing2

  • t agam

    t agam

    9 hari yang lalu

    dajjal

  • bukan urusan saya

    bukan urusan saya

    9 hari yang lalu

    Doa sebelum menjajah. Gold glory gospel
    #ghostpel

    • Ffahceruged Nov Aynat

      Ffahceruged Nov Aynat

      6 hari yang lalu

      jangan lupa Gold Glory Gospel Genocide

  • Tubagus A muqtafi

    Tubagus A muqtafi

    9 hari yang lalu

    Benar sekali

  • Tubagus A muqtafi

    Tubagus A muqtafi

    9 hari yang lalu

    Benar sekali

  • paijo Toyen

    paijo Toyen

    9 hari yang lalu

    tolo* kami islam tidak akan mungkin mengamini ajaran agama lain karena keyakinan kami pasti doa selain agama islam tak berguna bagi islam.